Fluoride Aman untuk Anak? Begini Memilih Pasta Gigi untuk Anak

Menjaga kesehatan mulut dan gigi anak itu sangat penting. Sebagai orang tua, Mums pasti ingin agar anak tumbuh dengan gigi yang sehat. Namun, banyak orang tua yang bingung memilih pasta gigi aman untuk anak. 

Memilih pasta gigi yang aman dan tepat untuk anak itu penting. Apalagi, masalah gigi seperti gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan umum pada anak. Jika gigi sudah berlubang, anak akan terganggu saat makan, bicara, dan belajar.

Jadi, Mums harus memilih pasta gigi terbaik untuk si Kecil. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang, direkomendasikan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Namun, banyak orang yang ragu apakah fluoride aman untuk anak.

Untuk menjawab kekhawatiran Mums, baca penjelasan di bawah ini ya!

Fluoride Aman untuk Anak

Sebelum mencari tahu apakah fluoride aman untuk anak, Mums harus tahu dulu apa itu fluoride. Fluoride adalah sejenis mineral yang secara alami ditemukan di dalam air, tanah, dan udara. Hampir semua air mengandung fluoride. Namun, kadar fluoride bisa beragam, tergantung dari mana asal air tersebut.

Fluoride dimasukkan sebagai bahan tambahan ke pasta gigi karena bisa membantu:

  • Mencegah gigi berlubang
  • Memperkuat enamel gigi yang lemah
  • Menyembuhkan gigi berlubang yang masih pada tahap dini
  • Membatasi pertumbuhan bakteri di dalam mulut
  • Memperlambat hilangnya mineral dari enamel gigi

Jadi, dapat disimpulkan bahwa flouride aman untuk digunakan oleh anak sehingga Mums tidak perlu khawatir saat memberikan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya. Bahkan, penggunaan fluoride dalam pasta gigi itu direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu American Dental Association juga merekomendasikan penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk anak maupun orang dewasa.

Cara Menggunakan Pasta Gigi Fluoride untuk Anak

Ketika anak sudah mulai tumbuh gigi, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar orang tua langsung menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang mengandung fluoride, untuk membersihkan giginya.

Organisasi-organisasi ini percaya bahwa dengan dosis yang tepat dan pengawasan orang dewasa, keuntungan yang diberikan Fluoride lebih besar daripada efek sampingnya, misalnya jika fluoride tertelan.

Selama penggunaan pasta gigi fluoride dalam dosis dan jumlah yang tepat, maka akan aman untuk anak. Anak-anak biasanya hanya membutuhkan sedikit jumlah pasta gigi, jadi jangan terlalu berlebihan. Semakin kecil anak, semakin sedikit pasta gigi yang digunakan. Semakin besar anak, semakin banyak jumlah pasta gigi yang bisa Mums berikan. 

American Academy of Pediatrics merekomendasikan menggunakan pasta gigi fluoride dengan banyak sebesar kacang polong untuk anak-anak berusia 3 – 6 tahun. 

Cara Memilih Pasta Gigi Fluroide untuk Anak

Jadi, sekarang Mums sudah tahu bahwa toothpaste atau pasta gigi fluoride aman digunakan oleh anak jika kadarnya sesuai dan tepat. Selanjutnya, Mums harus tahu cara memilih pasta gigi fluoride yang tepat untuk anak.

Sebagai rekomendasi, Mums bisa memilih Children’s Toothpaste dari Buds OrganicsToothpaste ini mengandung xylitol dan fluoride untuk memenuhi kebutuhan gigi anak supaya tumbuh secara kuat, sesuai dengan kadar yang sudah dianjurkan oleh World Health Organization.

Children’s Toothpaste dari Buds Organics terbuat dari bahan-bahan organik, termasuk ekstrak lidah buaya yang berfungsi menenangkan gusi dan menjaga agar lidah anak terhindar dari iritasi. Selain itu, toothpaste ini juga mengandung ekstrak minyak kelapa untuk membunuh kuman di sela-sela gigi si Kecil.

Mums tidak perlu khawatir, Children’s Toothpaste dari Buds Organic ini sudah mendapat sertifikasi penilaian dari ECOCERT, sehingga memenuhi standar internasional, dan aman untuk bayi dan anak. 

Toothpaste ini tersedia dalam 4 rasa, yaitu stroberi, blackcurrant, apel hijau, dan peppermint. Jadi, bisa disesuaikan dengan selera si Kecil! (UH).

Article by TemanBumil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top